21 Apr 2010

1# Rock N' Roll Sebagai bahasa perlawanan

Ditilik dari muasalnya yang berasal dari musik blues, yang biasa didendangkan oleh kalangan warga kulit hitam yang terkekang dalam penderitaan, maka sejak awal spirit rock n' roll adalah spirit pembebasan, melepaskan diri dari kejenuhan, ketidak berdayaan terhadap kaum pemilik modal warga kulit putih yang memperbudak dirinya. Little Ricard, Chuck Berry yang mengajak berjoget bersama, melepas kejenuhan sesama warga amerika tanpa melihat warna kulit. Little Ricard, rocker negro yang sangat berbakat dan muncul sebelun Elvis Presley mencapai popularitas itu, bahkan secara satire menyatakan 'satu-satunya nasib buruk yang menjadi rintangan saya adalah karena saya berkulit hitam'.


Rolling Stones, The Who, membebaskan dunia dari panggung kekangan adat orang tua yang di anggap kolot di inggris. atau Sex Pistol yang mengajak anarki di Britania Raya, adalah contoh-contoh pembrontakan-pembrontakan itu. Spirit rock n' roll selalu muncul, datang melawan ketimpangan yang merajalela membatasi ruang gerak kebebasan dan harmoni sosial yang ada. Apa yang dilakukan Sex Pistol lewat lagu 'Anarchy in the UK' atau 'God Save the Queen' yang merupakan sinisme terhadap pemerintahan inggris, yang masa bodoh dengan kalangan kelas bawah yang banyak menganggur di tengah peradaban kapitalis industri modern yang individualis. Teriakan 'No future, no future for me....no future, no future for you...' dalam 'God save the Queen' adalah ungkapan satire yang disampaikan dengan lugas secara sarkatis terhadap lagu kebangsaan yang serba agung dan menyanjung ratu, namun bertolak belakang dengan realistis sosial yang sesungguhnya.

Hal itu terus berlanjut sampai dengan terikan The Doors yang mengkritik kalangan orangtua di amerika yang terlalu mengejar karir dan materi tanpa mau tahu perkembangan psikologis anak-anaknya, hingga anthrax yang menghujat orang-orang korban kapitalisme yang acuh, individualis, apatis, mengumpulkan materi seakan itu haknya sendiri tanpa ada tanggung jawab terhadap masalah lingkungan sosial sekitarnya sendiri lewat lagu 'Anti social' nya.

to be contiuned >>>>  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook Badge